social icon

Minggu, 27 Januari 2013

Bobol PayPal, Dipenjara 18 Bulan


Bobol PayPal, Remaja Ini Dipenjara 18 Bulan
 
Christopher Weatherhead (guardian)

Inggris - Seorang hacker yang berhasil membobol situs PayPal kini sudah ditindak secara hukum. Peretas berusia 22 tahun itu harus rela mendekam 18 bulan di balik jeruji.

Remaja tersebut bernama Christopher Weatherhead. Dia juga diketahui tergabung dalam kelompok peretas Anonymous yang berada di Inggris.

Aksi Weatherhead berawal dari gerakan Operation Payback yang dilakukan grup Anonymous beberapa bulan lalu. Operasi ini memang menargetkan beberapa situs besar penyedia jasa pembayaran. Seperti PayPal, Master Card, Visa, Amazon, dan beberapa situs besar lainnya.

Weatherhead bersama rekannya, Ashley Rhodes, terbukti telah menyerang situs-situs tersebut dengan teknik Distributed Denial of Service (DDoS). Ia pun berhasil melumpuhkan PayPal dan situs lainnya dengan kerugian mencapai USD 5,5 juta.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, Jumat (25/1/2013), setelah melewati beberapa proses hukum Weatherhead akhirnya divonis 18 bulan penjara. Sedangkan rekannya, Rhodes, dihukum lebih ringan dengan 7 bulan penjara.

Ini memang bukanlah kali pertama Weatherhead berurusan dengan hukum karena ulah nakalnya di dunia maya. Sebelumnya, remaja ini juga pernah ditangkap pada September 2011 karena menyerang situs keposilian. Sesaat setelah ia ditahan, 3 GB data petinggi polisi Texas pun tersebar luas di internet.

http://inet.detik.com/read/2013/01/25/140947/2152116/323/bobol-paypal-hacker-remaja-ini-dibui-18-bulan