social icon

Senin, 14 Januari 2013

Abad hampa one piece


Abad Hampa(Sejarah yang hilang) Adalah sebuah masa dalam dunia OP di mana tidak ada seorang pun yang tahu apa saja peristiwa sejarah yg terjadi pada masa itu. Masa ini terjadi antara 900 – 800 tahun yang lalu atau sekitar 100 tahun lamanya.Para arkeolog di seluruh dunia telah mencoba memecahkan misteri sejarah ini dengan melakukan penelitian terhadap Poneglyph, tetapi tampaknya belum ada satupun yg berhasil memecahkannya.

 Poneglyph adalah prasasti sejarah yg terbuat dari logam yang sangat keras dan berbentuk kubus. prasasti ini tersebar di seluruh dunia dan sering kali tempatnya tersembunyi.
Poneglyph merupakan bahan penelitian utama para arkeolog karena konon di dalamnya tersimpan misteri sejarah yang hilang. Namun sayangnya, menerjemahkan Poneglyph sudah ditetapkan Pemerintah Dunia sebagai aksi kriminal kelas tinggi karena Pemerintah khawatir akan bangkitnya Senjata kuno.
Ohara tempat kelahiran nico robin dibumi hanguskan oleh pemerintah dunia dgn menggunakan serangan buster call,karena arkeolognya yg sangat pintar dan bisa membaca Poneglyph.
Arkeolog Ohara adalah kebanggaan penduduk pulau itu. Markas besar mereka terletak di basement Pohon Pengetahuan, perpustakaan terbesar dan tertua di dunia. Dari sana mereka bekerja dan mengatur ekspedisi untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi unsur-unsur yang mengungkap sejarah dunia. Reputasi mereka adalah yang terhebat di lima samudra dan dianggap dunia sebagai para arkeolog terbaik di dunia.
Para peneliti Ohara tidak bisa mengabaikan misteri "abad yang hilang", padahal mereka di larang Pemerintah Dunia untuk melakukan penelitian tentang Poneglyph, mereka jelas mengambil resiko di bawah arahan pemimpin mereka, Profesor Clover.
Nico Robin kecil adalah satu satunya arkeolog yg selamat dalam tragedi buster call tersebut,dan Setelah itu, Robin menjadi seorang buronan berharga 79.000.000 Berry karena dia seorang iblis terakhir dari Ohara, anak yang diketahui telah dapat membaca sejarah kuno Poneglyph. Karena pemerintah tidak bisa menyebutkan kejahatan sebenarnya yang dilakukan Nico Robin, pemerintah mencantumkan alasan kalau Robin telah meledakkan 6 kapal angkatan laut.
Nico robin sebagai satu2nya penerus semangat ohara bercita2 menemukan Rio Poneglyph dan mengungkap sejarah dunia yang sesungguhnya,dan setelah bergabung dgn Luffy,dia percaya cita2nya itu bisa tercapai.
Poneglyph secara garis besar terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
- Poneglyph yang memberitahukan lokasi Poneglyph lainnya
- Poneglyph yang berisikan informasi sejarah
Kemudian ada satu poneglyph yg sangat spesial,yaitu Rio Poneglyph.

Menurut penjelasan Nico Robin, Rio Poneglyph adalah satu-satunya Poneglyph yang menuturkan Sejarah asli. “Sejarah asli” yg dimaksud di sini adalah sejarah tentang Abad Hampa itu sendiri.

Sayangnya, Poneglyph yg ditemukan Robin sejauh ini hanyalah Poneglyph yg bercerita tentang Senjata Kuno yg sama sekali tak mengandung informasi sejarah. Robin menganggap Poneglyph yg seperti itu sama sekali tak penting baginya.

Namun pemikiran Robin berubah semenjak ia membaca pesan rahasia Roger dalam bahasa poneglyph yg bertuliskan,  “Aku ada di sini… dan kata-kata ini membimbingku sampai akhir”.
Dari situ dia berpikir kalau semua Poneglyph yang ada di dunia ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Rio Poneglyph. Jadi, Ibarat sebuah buku, Poneglyph adalah 'halaman-halaman' yang berserakan di seluruh dunia, sedangkan Rio Poneglyph adalah bentuk utuh dari semua halaman yg berserakan tersebut.
Dengan munculnya definisi baru tsb, berarti kita bisa berasumsi kalau poneglyph yg berisikan ttg senjata kuno pun termasuk bagian dari Rio Poneglyph.
Menurut Robin, jika seluruh lembar sejarah yg berserakan ini terkumpul, ia bisa jadi penuntun menuju Raftel, sebuah pulau di ujung Grand Line di mana konon hanya kelompok bajak laut Gol D. Roger saja yang pernah menginjakkan kakinya di sana.

 Senjata Kuno atau disebut juga “Ancient Weapon”, adalah senjata-senjata legendaris penyandang nama dewa yang konon memiliki kekuatan penghancur yang luar biasa.
Senjata Kuno merupakan alasan Pemerintah Dunia untuk melarang penerjemahan Poneglyph dengan alasan Poneglyph tertentu mencantumkan informasi ttg senjata kuno. Pemerintah Dunia khawatir Senjata Kuno ini bangkit dan menyebabkan chaos di seluruh duni.

Senjata Kuno berjumlah total 3 buah, yaitu Pluton, Poseidon, dan Uranus.

Pluton
Informasi senjata ini pertama kali ditemukan di Poneglyph Arbasta, di mana didalamnya juga mencakup lokasi sejata tsb. Pluton berwujud sebuah kapal yg memiliki persenjataan canggih dan berdaya hancur tinggi, saking tingginya, konon Kerajaan Arabasta bisa musnah dengan sekali tembak saja.

Blueprint(kertas rancangan) Pluton sendiri dibuat oleh tukang kayu Water Seven jauh di masa lalu. Blueprint tersebut kemudian diwariskan turun temurun di kalangan tukang kayu Water Seven hingga akhirnya sampai ke tangan Franky. Belakangan, blueprint tersebut dibakar oleh Franky supaya tidak jatuh ke tangan pemerintah dunia.

Poseidon
Informasi senjata ini pertama kali ditemukan di Poneglyph Shandora di pulau langit Skypiea.

Berbeda dengan Pluton, Poseidon bukan berbentuk kapal perang atau mesin, melainkan berbentuk mahluk hidup, atau tepatnya, seorang manusia duyung.
Poseidon adalah nama seorang mermaid princess yg hidup 800 tahun yg lalu. Kenapa Poseidon diklaim sebagai Senjata Kuno? Karena dia memiliki kekuatan untuk berkomunikasi dan mengendalikan Sea Kings(monster laut yg berukuran extra-raksasa), konon kekuatan ini disebut2 sebagai kekuatan yg sanggup menghancurkan dunia.
Selang waktu beratus tahun kemudian, Kekuatan tsb terlahir kembali dalam diri mermaid princess yg hidup pada masa sekarang, yaitu putri Shirahoshi.

Uranus
Senjata Kuno yg menyandang nama dewa langit. Belum ada yg diketahui tentang senjata ini.

beberapa informasi terkait sejarah yg hilang :

Senjata Kuno
keberadaan senjata kuno tercantum dalam Poneglyph meski belum ada kepastian apakah senjata-senjata tsb berhubungan dengan Sejarah yang Hilang.

Kerajaan yang Hilang
disebut juga dengan “Lost Kingdom” atau “Ancient Kingdom” adalah sebuah Kerajaan yang pernah berdiri pada Abad Hampa .

Meskipun berdiri lebih 800 tahun yang lalu, kerajaan ini konon sudah memiliki peradaban yang sangat maju. Namun, kerajaan itu memiliki 'musuh'. Sang musuh menentang suatu kebijakan Kerajaan yang dianggap dapat membahayakan posisi mereka. Belum diketahui kebijakan macam apa yang telah dibuat kerajaan. Yang pasti, sang musuh kemudian memutuskan untuk menginvasi Kerajaan hingga akhirnya kerajaan itu kalah dan runtuh.

Setelah runtuh, segala informasi tentang kerajaan ini dihapus dengan hati-hati dan hingga sekarang tidak ada yg tahu menahu seluk beluk kerajaan tersebut.

Identitas musuh hingga kini belum diketahui, tetapi Prof. Clover menduga bahwa World Government adalah musuh yang dimaksud. Alasannya karena, secara kebetulan, berakhirnya masa Abad Hampa bertepatan dengan lahirnya organisasi tersebut utk pertama kali.

Joyboy(sejarah di pulau fishmanIsland)
800 tahun yang lalu, seorang manusia bernama JoyBoy membuat sebuah janji dengan Mermaid Princess terdahulu, Poseidon. Janji apa? belum diketahui.

Sayangnya, entah bagaimana Joyboy tidak berhasil menepati janjinya. Dia pun menulis surat permintaan maaf kepada putri Poseidon pada sebuah poneglyph atas keingkarannya. Namun dia yakin suatu hari nanti akan muncul seseorang yg akan memenuhi janjinya pada "hari yg dijanjikan". leluhur FI pun akhirnya memutuskan utk melindungi bahtera Noah hingga "hari yg dijanjikan" itu tiba". Lalu kapan hari itu tiba?hanya Oda yg maha tau.
(Untuk saat ini didalam dunia One Piece, baru Kelompok Bajak Laut Gol D. Roger saja yang diketahui berhasil mengungkap Sejarah yang Hilang).

Ada kemungkinan sejarah yg hilang berkaitan erat dengan One Piece,& Will Of D.