social icon

Minggu, 27 Januari 2013

3 Mesin penjual otomatis canggih di Jepang

Selain terkenal dengan bunga Sakura dan gunung Fuji, Jepang juga dikenal sebagai salah satu negara paling hi-tech di dunia. Banyak produk elektronik mutakhir bermunculan berasal dari negara matahari terbit ini. Walaupun terkadang banyak juga mesin-mesin penjual otomatis yang menjual barang dagangan yang tidak lazim dijual oleh sebuah mesin penjual otomatis. Seperti contohnya adalah lobster atau pakaian dalam.

Namun, dari mesin-mesin penjual otomatis tersebut, terdapat pula mesin penjual otomatis atau yang biasa disebut Jidohanbaiki itu dengan balutan teknologi terkini. Di bawah ini terdapat beberapa mesin penjual otomatis yang telah dilengkapi dengan teknologi saat ini.

Coca-Cola ultra-energy-saving
Mesin penjual otomatis ini lahir hasil kerjasama dari Coca-Cola dengan Fuji Electric Retail Systems. Secara tampilan, mesin ini tidak berbeda dengan mesin penjual otomatis lainnya. Namun yang menjadikan mesin ini unik adalah minuman-minuman di dalam mesin ini akan tetap dingin tanpa harus mengambil energi mesin untuk mendinginkan suhu di dalamnya.

Minuman di dalam mesin yang dinamakan A011 ini akan tetap dingin sampai 16 hari lamanya. Menurut Slashgear.com, Coca-Cola merencanakan untuk menguji coba mesin barunya ini di daerah paling panas di Jepang yaitu Tajimi, Gifu dan Kumagaya, Saitama, tanggal 2 Juli mendatang.

Wi-Fi Vending Machine
Sebuah perusahaan minuman bernama Asahi menciptakan suatu mesin penjual otomatis yang dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi. Wi-Fi yang dikeluarkan oleh mesin ini dapat ditangkap perangkat eletronik seperti handset dengan batas maksimal 50 meter.

Akses Wi-Fi tersebut tidak dipungut biaya, namun setiap orang yang mendapatkan sinyal Wi-Fi ini hanya dapat menggunakan fasilitas ini selama 30 menit saja dan mesin tersebut akan memutuskan sinyal yang diterima perangkat lain secara otomatis. Untuk mendapatkan sinyal Wi-Fi kembali, pengguna handset hanya perlu login kembali seperti awalnya.

Mesin ini telah disebarkan di Tokyo, Sendai, Chubu, Kinki, dan Fukuoka sejak awal tahun 2012 lalu. Asahi juga merencanakan untuk menciptakan kurang lebih 10 ribu mesin sejenis lagi untuk disebarkan di seluruh pelosok Jepang.

Coke Vending Machine TouchScreen
Mungkin kebanyakan mesin penjual otomatis di Jepang masih harus menggunakan tombol untuk mengoperasikannya. Namun, ternyata terdapat mesin lain yang menggunakan layanan layar sentuh untuk mengoperasikan atau membeli suatu barang.

Mesin penjual otomatis ini dilengkapi dengan layar yang lebar dan LCD touch panel di bagian tengahnya. Mesin ini memiliki tinggi 1 meter dengan lebar layar 57 cm. LCD touch panelnya berukuran 46 inci.

Beberapa waktu lalu juga dikabarkan bahwa terdapat satu mesin penjual otomatis yang dapat diaktifkan dengan menggunakan Twitter yang dinamakan BEV Twitter Vending Machine. Apabila di negara-negara lain sudah cukup banyak mesin penjual otomatis dipasang di jalanan kota, maka kapan Indonesia akan menikmati layanan seperti ini?


http://andi-techno.blogspot.com/2012/07/3-mesin-penjual-otomatis-canggih-di.html#.UQSd-q4yj1V